5 Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Marketing Plan Social Media

Makin maraknya penggunaan social media menjadi salah  satu channel marketing, membuat para banyak pebisnis khususnya UKM pula ikut berbondong-bondong masuk ke social media. Tetapi, sayangnya tidak seluruh pebisnis UKM itu memanfaatkannya secara tepat. Hal primer yang menyebabkannya merupakan tak adanya perencanaan dalam menjalankan social media marketing. Ini dia ialah hal – hal yang wajib  kita perhatikan ketika membuat perencanaan social media marketing.

1. Apa yg Ingin Kita Dapatkan dari Social Media 

ketika membuat perencanaan social media marketing kita wajib  tentukan tujuan kita menggunakan social media. Tujuan suatu bisnis memakai social media marketing pun bermacam – macam, bisa buat memperluas exposure mereknya, buat mempromosikan produk baru, buat berinteraksi serta menciptakan rekanan dengan konsumen, ataupun menjadi channel customer service.

2. Siapakah yg akan Meng-handle Akun Social Media Kita tadi 

saat akan memanfaatkan social media menjadi galat satu channel marketing usaha kita, tentunya kita pula wajib  memilih siapakah yg akan meng-handle-nya. Bila kita merupakan usaha mungil serta belum memiliki cukup dana  buat membayar orang buat meng-handle, maka menjalankan sendiri akun tadi tidak apa – apa.

Namun jangan abaikan hal tersebut terjadi berkepanjangan, karena sebagai pemilik bisnis tugas kita bukan hanya menjalankan akun social media melainkan jua memikirkan pengembangan usaha. Sang karena itu, kita harus menyiapkan dana buat membayar orang yg spesifik melaksanakan social media marketing.

3. Social Media Apa Saja yang akan Kita pakai 

ketika membentuk perencanaan social media marketing, kita harus memilih akun social media apa saja yang akan kita gunakan. Bila kita belum mempunyai tim spesifik yang meng-handle akun social media, maka pilihlah social media yang paling banyak calon konsumen kita berada.

4. Apa Saja yang akan Kita Post pada Akun Social Media tadi 

Seticalon ap social media memiliki ciri yang berbeda – beda buat konten yang bisa menarik perhatian para konsumen. Misal, buat Facebook konten dengan gambar bisa membentuk engagement yg lebih baik dibandingkan jenis konten yg lainnya. Oleh karena itu, konten yg berhasil pada suatu social media belum tentu berhasil pada social media lainnya.

5. Bagaimana Cara Mengukur Efektivitas strategi Social Media Marketing yang Kita Lakukan 

Pengukuran efektivitas seni manajemen social media marketing yg kita jalankan sangatlah krusial buat dilakukan. Dengan melakukan pengukuran, kita bisa mengetahui apakah seni manajemen yang kita jalankan berhasil atau tak.
Di Facebook, kita mampu melakukan pengukuran efektivitas menggunakan memakai fitur insight yang terdapat di fanspage kita. Sedangkan di Twitter, kita bisa menggunakan beberapa software untuk melakukan pengukuran mirip, twittercounter.Com buat mengukur pertambahan follower dan twtrland.Com buat mengukur demografi follower.


EmoticonEmoticon