Hampir seluruh orang pengguna internet, memiliki akun sosial media, seperti twitter, facebook, G+, serta sosial media lainnya. Social media memang sangat berguna untuk kegiatan bersosial secara online. Namun, selain manfaat tadi, sosial media ternyata memiliki banyak manfaat pada berbisnis. Hal tersebut, tentunya akan sangat mendukung untuk pertumbuhan dan laba usaha Anda.
Lantas, apa saja manfaat sosial media untuk bisnis? Berikut 8 manfaat sosial media untuk menunjang pertumbuhan serta kesuksan usaha Anda.
Sosial media ialah cara praktis untuk belajar perihal kultur konsumen
buat usaha industri apapun, salah satu kunci suksesnya artinya mengetahui kultur konsumen Anda. Dengan memakai sosial media membentuk lebih praktis buat mencapai sasaran dari sebelumnya. Misalnya, Facebook Insights pada Hootsuite, Anda dapat belajar bahasa dominan diucapkan antara pengguna social media, seperti usia atau jenis kelamin. Hal ini sangat membantu dalam mempromosikan dan menawarkan produk ke sasaran audiens Anda.
Sosial media membantu sasaran konsumen lebih efektif
Geografik targeting artinya cara yang efektif untuk mengirim pesan pada audiens yang spesifik atau demografis berdasarkan lokasi mereka. Jejaring sosial seperti facebook serta twitter mempunyai indera yang memungkinkan untuk berkomunikasi yang efektif. Misalnya, pada Hootsuite Anda dapat menargetkan lokasi, bahasa, usia, jenis kelamin, status, lingkungan, dan pendidikan di Facebook. Atau bisa mengetahui negara melalui twitter. Menjadi model, Jika Anda ingin mengirim posting ke orang-orang yang berbicara bahasa Inggris, maka geo-targeting adalah cara yang praktis serta efektif buat melakukannya.
Sosial Media membantu mencari pelanggan baru serta memperluas audiens
Jejaring sosial seperti twitter memungkinkan perjuangan kecil menemukan pelanggan potensial. Misalnya, Bila Anda membuka sebuah kedai kopi baru pada Jakarta, Anda bisa menghasilkan pencarian pada Hootsuite untuk mencari orang yg ngetweet mencari kopi lezat pada Jakarta. Sehabis menemukan orang-orang ngetweet tentang kopi, Anda bisa memulai menjangkau serta mengundang mereka untuk tiba mencoba kopi panas pada kedai kopi baru Anda.
Sosial Media Memungkinkan Untuk Menerima Umpan Balik Cepat Asal Komentar Pelanggan
Media sosial untuk usaha memberikan akses cepat untuk umpan balik positif atau negatif atas komentar pelanggan. Misalnya, Bila Anda meluncurkan produk baru dan berbagi pada media umum, maka segera menelaah testimoni pelanggan tentang produk tersebut. Selain itu, Anda pula bisa menanyakan bagaimana memakai produk dan merek apa yg tak jarang dipergunakan menggunakan jenis produk yg sama.
Sosial Media Menaikkan Pengetahuan Pasar dan Kompetitor
Dengan pemantauan media umum, Anda mampu mendapatkan isu krusial tentang pesaing Anda. Hal ini bertujuan untuk menaikkan pengetahuan pasar Anda. Menggunakan bekerja seperti ‘intel’ maka akan memungkinkan untuk menghasilkan keputusan seni manajemen bisnis agar lebih maju dari kompetitor. Misalnya, Anda bisa melakukan pencarian pada Hootsuite buat memantau nama dan produk kompetitor. Berdasarkan hasil pencarian, Anda bisa menaikkan usaha menggunakan menunjukkan sesuatu hal yg tidak ada berasal kompetitor.
Sosial media membantu menaikkan kemudian lintas & traffic situs web
Anda membentuk sebuah website untuk perusahaan Anda, kini apa? Keliru satu manfaat terbaik berasal media sosial untuk usaha artinya menaikkan kunjungan ke situs Anda. Semakin banyak melakukan kegiatan di sosial media, maka semakin mudah mencari prodik di mesin pencarian. Jika setiap orang yg mengikuti hootsuite serta diretweets, hal tersebut mungkinkan peringkatnya lebih tinggi pada page pencarian di mesin Google.
Menyebarkan konten lebih simpel dan lebih cepat dengan media umum
di masa kemudian, bagian kenaikan pangkat (marketing) menghadapi tantangan untuk memastikan konten mereka mencapai pelanggan dalam ketika sesingkat mungkin. Dengan bantuan media sosial, berbagi postingan (konten) menjadi lebih praktis dan lebih cepat. Jika Anda memakai media umum untuk bisnis, manfaatkanlah postingan produk Anda pada akun jejaring sosial. Namun, buat mendapatkan pelanggan pastikan postingan pada media sosial sesuaikan menggunakan merek serta minat audiens Anda.
Sosial media membantu menjalin hubungan baik dengan pelanggan
media sosial sangat baik untuk menjalin korelasi yg baik menggunakan pelanggan. Misalnya, Jika Anda mempunyai bisnis biro pariwisata, dengan media sosial memungkinkan buat menciptakan dialog menggunakan wisatawan. Anda mampu mengetahui testimoni atau komentar pelanggan sebelum, selama, dan sehabis mereka melakukan bepergian wisatanya. Obrolan antara perusahaan menggunakan pelanggan ialah sesuatu promosi konvensional yg tidak bisa dibeli menggunakan cara apapun.
EmoticonEmoticon